RSS
Hello! Welcome to this blog. You can replace this welcome note thru Layout->Edit Html. Hope you like this nice template converted from wordpress to blogger.

Hari Pendidikan Nasional di Mata Para Guru SMAN 12 Jakarta


Setiap tanggal 2 Mei, seluruh rakyat Indonesia khususnya para pelajar dan guru-guru pasti akan memperingati Hari Pendidikan Nasional. Pada hari ini yang biasa diperingati dengan upacara bendera di sekolah-sekolah merupakan hari dimana mengingat perjuangan dan perkembangan pendidikan di Indonesia dari masa ke masa. Untuk itu saya mewawancarai salah satu guru di SMAN 12 Jakarta.

Pewawancara : Fauziyah

Narsumber      : Bpk. Foy Afri

Hari Pendidikan Nasional merupakan pacuan agar pendidikan di Indonesia menjadi lebih baik lagi setiap tahunnya, menurut guru Kewarganegaran di SMAN 12 Jakarta ini pendidikan yang bagus adalah pendidikan yang tidak represif, tidak menekan, harus ada dua arah, ada yang bertanya dan ada yang ditanya serta ada yang mengkritik dan mau di kritik, jadi menurut beliau  guru ituu tidak harus selalu menang dan tidak harus selalu benar.
Ketika saya bertanya tentang mutu pendidikan dari masa ke masa, beliau berpendapat bahwa setiap tahunnya pendidikan di Indonesia selalu membaik tentunya. Banyak hal yang membuktikan bahwa pendidikan mulai meningkat tiap tahunnya, salah satu contoh adalah saat ini jaman sudah maju dan teknologi pun semakin canggih maka dari itu mutu pendidikan mengenai teknologi semakin meningkat setiap tahunnya. Sebenarnya pendidikan itu setiap tahunnya pasti membaik, mungkin hanya kita saja yang tidak menyadarinya.
Setiap anak didik yang diajarkan oleh pak Foy pastinya harus diberikan semangat, beliau selalu meyakinnka anak didiknya bahwa belajar itu diusahakan tidak memaksakan diri, sehingga saat kita mau belajar dari hati nurani dan kemauan sendiri kita akan mudah dalam menjunjung tinggi pendidikan serta mencapai cita-cita. Dan beliau berpendapat bahwa para pelajar yang datang kesekolah adalah untuk mendapatkan wawasan yang lebih luas melalui fasilitator yaitu guru.
Ketika ditanyakan mengenai penyebab yang dapat menyebabkan mutu pendidikan seorang murid menurut, beliau berpendapat bahwa malas belajar merupakan penyebab utama seorang siswa menurut mutu pendidikannya. Banyak sekali faktor-faktor yang menyebabkan seorang anak malas belajar salah satunya adalah kemajuan teknologi. Kemajuan teknologi di jaman sekarang membuat para pelajar terbuai dengan kecanggihannya, bermain internet, bermain game bahkan bersosialisasi dengan seluruh orang di dunia membuat para pelajar lupa akan tanggung jawab utamanya yaitu belajar, oleh karna itu dibutuhkan perhatian yang cukup dari orang tua serta para guru dari siswa tersebut.
Bicara mengenai prinsip hidup dan nasihat dari beliau mengenai pendidikan, Bapak Foy menyatakan bahwa ia memiliki sati prinsip hidup yaitu “kita akan bahagia, jika kita dapat melihat orang disekeliling kita bahagia” menurutnya bagi seorang pelajar hal yang dapat membuat orang disekelilingnya bahagia adalah berprestasi, maka dari itu “raihlah cita-citamu setinggi mungkin” ucap beliau.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright 2009 Hottest Movie News. All rights reserved.
Free WordPress Themes Presented by EZwpthemes.
Bloggerized by Miss Dothy